Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 16.986 jiwa di 20 desa/kelurahan berbeda di kabupaten Pamekasan, tecatat sebagai warga terdampak banjir yang melanda wilayah setempat, Selasa (1/3/2022) kemarin.

Hal tersebut berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, di mana total warga terdampak tersebar di 4 (empat) kecamatan berbeda di Pamekasan. Meliputi Kecamatan Pademawu, Palengaan, Pamekasan (Kota), dan Proppo.

“Jumlah total warga terdampak banjir di Kabupaten Pamekasan, tercatat sebanyak 16.986 jiwa yang terbesar di 20 desa/kelurahan di empat kecamatan berbeda,” kata Kasi Pengendalian dan Sarpras BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, Rabu (2/3/2022).

Dari total titik terdampak tersebut, titik banjir di Kecamatan Pademawu, tersebar di 6 (enam) desa berbeda. Meliputi Desa Barurambat Timur, Lemper, Majungan, Pademawu Barat, Pademawu Timur, serta Desa Sumedangan. Sedangkan di Kecamatan Palengaan tersebar di 2 (dua) desa berbeda, yakni Palengaan Dhaja dan Rombuh.

Untuk kecamatan Pamekasan, tersebar di 10 desa/kelurahan. Meliputi 4 (empat) desa berbeda, yakni Desa Bettet, Jalmak, Kangenan dan Laden. Serta 6 (enam) kelurahan berbeda, yakni Kelurahan Barurambat Kota, Bugih, Gladak Anyar, Jungcancang, Perteker, dan Patemon.

Sementara untuk Kecamatan Proppo, titik banjir tersebar di 2 (dua) titik berbeda, meliputi Desa Kodik dan Desa Samiran. “Untuk warga yang dievakuasi akibat bencana banjir kemarin, terdata sebanyak 450 orang,” pungkasnya.

Seperti diketahui, bencana banjir di kabupaten Pamekasan, terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang melanda wilayah Pamekasan, dan sekitarnya. Terlebih kondisi hujan terjadi dalam waktu relatif lama, yakni mulai dini hari hingga siang hari.

Sebelumnya BPBD Pamekasan juga menyampaikan rilis melalui prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, Sidoarjo, tentang kewaspadaan terhadap cuaca ekstrim pada puncak musim hujan di Jawa Timur.

Berdasar rilis tersebut, puncak musim penghujan diprediksi terjadi pada pagi, siang atau malam hari dengan intensitas bervariasi. Mulai dari ringan, sedang hingga lebat dengan durasi yang lama. [pin/ted]