Tuban (beritajatim.com) – Jembatan Kepet, Tuban, ditutup untuk sementara, Selasa (26/10/2021). Hal itu menyusul adanya pengecoran di jalur Pantura Tuban tersebut, tepatnya di jalan Tuban-Surabaya kawasan tanjakan Kepet, Desa Tunah, Kecamatan Semanding.

Penutupan akses jembatan lama Kepet itu mulai dilakukan Selasa 26/10/2021) sampai dengan November 2021. Sehingga untuk sementara, arus kendaraan dialihkan melewati Jembatan Kepet yang sebelah barat atau jembatan yang baru.

Pantauan beritajatim.com, pengerjaan perbaikan jalur Pantura Tuban ini sudah mulai dilakukan oleh kontraktor dengan melakukan persiapan pengecoran jalan. Petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Tuban bersama Dinas Perhubungan (Dishub) diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pengaturan lalu lintas.

“Penutupan Jembatan Kepet lama ini dilakukan karena ada perbaikan jalan. Penutupan mulai hari ini,” terang Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Tuban Iptu Sampir Santoso, saat meninjau persiapan perbaikan jalan, Selasa (26/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Iptu Sampir menjelaskan bahwa penerapan rekayasa lalu lintas juga telah dilakukan. Semua kendaraan yang dari arah Tuban menuju Surabaya yang biasanya lewat jembatan Kepet lama dialihkan melalui jembatan yang baru.

“Jadi, untuk arus lalu lintas dari arah Semarang-Surabaya tetap bisa melintas di jalur yang sama yakni melewati Jembatan Kepet Baru. Adapun pelaksana proyek dan Satlantas dan Dishub telah memberikan rambu-rambu petunjuk,” sambungnya.

Pihak Sat Lantas bersama dengan Dishub Tuban menyatakan, penerapan rekayasa arus lalu lintas dengan memberlakukan dua lajur di jembatan yang baru itu sengaja dilakukan supaya semua kendaraan tidak harus dialihkan melalui jalan raya Tuban-Paciran.

Pasalnya jika arus lalu lintas di alihkan ke Jalan Daendels rutenya melambung terlalu jauh. “Jembatan Kepet Baru sudah memungkinkan untuk diberlakukan dua lajur. Sehingga tidak sampai mengubah jalur dari Semarang-Surabaya,” tegasnya.

Sementara itu, pelaksanaan proyek perbaikan jalan di sekitar Kepet itu direncanakan berjalan selama satu bulan. Adapun panjang jalan yang diperbaiki dengan cara dicor tersebut panjangnya sekitar 270 meter, yakni sebelah utara dan selatan jembatan Kepet yang lama. [mut/suf]