Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah pohon jenis jati tumbang di Dusun Sumolawang RT 01 RW 01, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa (25/1/2022) kemarin. Pohon dengan diameter antara 70 cm sampai 80 cm tersebut tumbang menimpa sebuah rumah warga.

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo dan pantauan Sistem Informasi Monitoring dan Pelaksanaan Anggaran (SIMONA) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Mojokerto, Joko Supangkat mengatakan, angin kencang disertai hujan dengan intensitas ringan hingga lebat terjadi di sekitar lokasi. “Sekitar pukul 17.30 WIB, sebuah pohon jenis jati dengan dianter antara 70 cm sampai 80 cm tumbang,” ungkapnya, Rabu (26/1/2022).

 

Sebuah pohon jati tumbang dan menimpa rumah warga di Dusun Sumolawang RT 01 RW 01, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. [Foto : ist]

Masih kata Joko, pohon tumbang menimpa sebuah rumah milik warga Dusun Sumolawang RT 01 RW 01, Desa Sumolawang, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Rumah Abdul Munib mengalami kerusakan di bagian atap yang terbuat dari asbes akibat tertimpa pohon tumbang.

“Atap rumah Abdul Munib yang terbuat dari asbes dengan ukuran 6 x 8 m² rusak karena tertimpa pohon jati yang tumbang. Petugas ke lokasi setelah mendapatkan laporan dari warga, evakuasi pohon tumbang berlangsung cukup lama. Hingga pukul 23.30 WIB, evakuasi pohon belum selesai.

Joko menjelaskan, hingga pukul 23.00 WIB evakuasi pohon tumbang dihentikan dan dilanjutkan Rabu pagi. Beruntung, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa hanya kerugian material yang dialami pemilik rumah karena atap tertimpa pohon tumbang. [tin/ted]