Banyuwangi (beritajatim. com) –  Bandara Banyuwangi menggelar Safe Travel Champaign saat tepat peringatan HUT ke 75 Republik Nusantara. Kegiatan ini ditujukan kepada pengikut pesawat, crew pesawat hingga karyawan bandara, di tengah pandemi COVID-19.

Karyawan Bandara Banyuwangi juga mengantarkan para penumpang dengan akan terbang dan datang, secara membawa pagging bertulisan kata anjuran untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Berbagai kegiatan memeriahkan HUT ke 75 Republik Indonesia ini digelar oleh semua stakeholder. Termasuk PT Angkasa Pura II yang ialah mitra kerja kami di daerah bisnis dan pariwisata. Saya ucapkan selamat ulang tahun ke 36 dan sukses dengan kegiatan Safe Travel Campaign, ” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (18/8/2020).

Anas mengiakan, Safe Travel Campaign ini akan bermanfaat bagi dunia penerbangan. Pada tengah pendemi COVID-19, penerbangan pada Indonesia runtuh dengan adanya banyak pembatasan. Sehingga diperlukan pengungkit buat kembali bangkit.

“Salah satunya penerapan ketat protokol kesehatan. Orang hendak bersedia bepergian jika penerapan protokol kesehatan diterapkan dengan sungguh-sungguh. Jadi penumpang aman, awak kabin pesawat sehat dan termasuk karyawan bandara juga selamat dari COVID-19, ” pungkasnya.

Sementara itu, Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Banyuwangi Cin Asmoro menambahkan, inti Safe Travel Campaign adalah Safe Airport, Healthy Airport, Hygiene Airport.

“Tujuan diadakannya Safe Travel Campaign ini untuk Penetapan Safe Travel Experience dengan pasti mengimplementasikan Protokol Pandemi yang asi; Kesiapan Operasional dan Staff menghadapi New Normal; Membangun kembali Trust dan Confidence bagi seluruh Civitas Bandara, terutama calon pelanggan pemakai moda transportasi udara, ” ujarnya.

Kegiatan Safe Travel Campaign diakhiri dengan Talk Show tentang perjalanan aman pada masa adaptasi kebiasan baru (New Normal). Narasumber talkshow tersebut adalah Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Banyuwangi Cin Asmoro, Kadis Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr Widji Lestariono, Kadis Pariwisata Kabupaten Banyuwangi M Yunarto Bramuda, serta perwakilan Dinas Pertalian Darat Banyuwangi.

“Kegiatan talkshow tersebut berniat untuk memberikan pengetahuan bahwa Bandara Banyuwangi sudah menerapkan protokol kesehatan secara konsisten. Harapannya dengan menerapkan protokol kesehatan, dunia penerbangan kembali normal, pergerakan pesawat bertambah, pergerakan penumpang juga bertambah, pariwisata yang ada di Banyuwangi ini bisa lebih ramai lagi, sehingga mampu meningkatkan perekonomian kembali, ” pungkasnya.

Selain kegiatan Safe Travel Campaign kegiatan peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia digelar secara khidmat. Tepat pukul 10. 17 WIB, Bandara Banyuwangi meninggalkan sejenak seluruh kegiatan selama 3 menit untuk mengambil sikap lengkap, untuk menghormati peringatan detik-detik Proklamasi dan pemutaran lagu Indonesia Sundal, kegiatan tersebut juga diikuti oleh para penumpang.

Kesibukan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke 36 PT Angkasa Pura II. Pada kegiatan Safe Travel Campaign, karyawan Bandara Banyuwangi membagikan masker gratis kepada para penumpang pesawat. (rin/ted)