Jember (beritajatim. com) – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, meminta kepada pemerintah daerah setempat agar segera menertibkan gambar-gambar atau foto-foto Faida, tumenggung petahana yang mencalonkan diri kembali dalam pemilihan kepala daerah tahun ini, yang ada pada kemudahan negara.

Salah satu komisioner Bawaslu Jember, Andika Firmansyah, menyatakan selalu berkoordinasi dengan Pengelola Tugas Bupati Abdul Muqiet Arief. Salah satu penertiban yang dilakukan, Sabtu (3/10/2020) sore, adalah penempelan logo Pemkab Jember pada ambulans mengoper foto Faida.

Penempelan logo Pemkab Jember menutupi foto Faida pada ambulans dilakukan berangsur-angsur. “Kami harap penutupan (foto Faida) segera dilaksanakan. Kami akan lestari melakukan pengawasan. Tidak hanya ambulans, tapi di kantor-kantor kecamatan, dinas, dan sekolah yang ada tulisan petahana untuk segera ditertibkan, ” kata Andika.

Muqiet sempat meminta kupasan dasar hukum yang rigid perkara penutupan foto Faida tersebut. Bawaslu kemudian melayangkan surat berisi pola regulasi untuk melakukan penertiban tulisan petahana pada fasilitas negara. “Saya kira apa yang disampaikan Bawaslu, payung hukumnya sudah sangat terang. Oleh sebab itu kami sudah mantap. Kalau kemarin kami masih ragu-ragu, ” kata Muqiet.

Andika menegaskan, jika sedang ada gambar atau foto petahana pada fasilitas negara yang belum ditertibkan, Bawaslu akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja Jember. Ia ingin Satpol PP Jember bisa segera mengambil tindakan. [wir/ted]