Magetan (beritajatim.com) – Adanya instruksi dari Presiden KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) untuk melakukan unjuk rasa (unras) serentak di area masing-masing pabrik, pada Kamis 5 Agustus 2021, tidak terjadi di Kabupaten Magetan. Para buruh justru mengalihkan ke kegiatan positif yaitu pengibaran bendera merah putih dengan penuh kesadaran.

Disampaikan oleh Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana bahwa sebelumnya, telah beredar instruksi dari Presiden KSPI untuk melakukan unras serentak di area masing-masing pabrik yang rencananya diikuti 10 ribu buruh dari seribu pabrik di 24 Provinsi di Indonesia dengan tuntutan sebagai berikut:

1. Meminta pemerintah menyelamatkan nyawa pekerja dan masyarakat dengan mencegah penularan Covid-19
2. Membatalkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja karena terbukti tidak ada niat baik pemodal untuk kesejahteraan buruh
3. Pemberlakuan upah minimum standar kota bagi perusahaan-perusahaan yang mampu

“Karyawan perusahaan yang ada di Magetan tidak melaksanakan ajakan dari presiden KSPI tersebut, mereka justru mengalihkan dengan kegiatan positif yaitu dengan pengibaran bendera merah putih,” katanya, Kamis (5/8/2021).

Pengibaran bendera merah putih dilaksanakan di halaman perusahan masing masing tersebut, lanjutnya, sebagai simbol perjuangan melawan pandemi Covid 19 dengan mengajak karyawan yang lain untuk patuhi prokes dalam setiap kegiatan.

“Pada PT Admira Magetan di Desa Bibis Kecamatan Sukomoro, sekitar 40 an karyawan kibarkan Merah Putih sebagai bentuk semangat perjuangan melawan pandemi. Kemudian pada PT BAJA yang berada di Kecamatan Sukomoro juga melakukan hal yang sama dengan diikuti sekitar 15 karyawan.

Kemudian PT. Borwita Citra Prima di desa Grabahan Kecamatan Karangrejo, PT. Surya Nedika Isabella Kawedanan dan CV. Timur Raya Albasia Sukomoro lagi libur.

Lebih lanjut disampaikan kapolres, pengibaran bendera merah putih tersebut dilaksanakan atas inisiatif karyawan. Itu sebagai bentuk rasa nasionalisme karyawan mendekati momen kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2021.

“Kami berikan apresiasi kegiatan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan para buruh. Ini patut dicontoh oleh karyawan lain yang ada di Kabupaten Magetan dan daerah yang lain,” pungkas Festo . [fiq/suf]