Tuban (beritajatim.com) – Petugas dari Dinas Perhunungan (Dishub) Kabupaten Tuban secara rutin telah melakukan penertiban terhadap kendaraan mobil yang masih kedapatan melakukan parkir sembarangan di tempat larangan parkir yang ada di jalan-jalan protokol di Kabupaten Tuban, Rabu (15/12/2021).

Penertiban kendaraan roda empat atau lebih yang parkir sembarangan dilakukan petugas dari Dishub Tuban untuk kelancaran lalu lintas.

Dalam pelaksanaan penertiban mobil-mobil yang parkir sembarangan itu dilakukan secara humanis dan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M karena masih situasi pandemi Covid-19.

Dari data yang dihimpun beritajatim.com, untuk menertibkan kendaraan mobil yang parkir liar itu petugas Dishub Tuban berpatroli menyisir sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Tuban. Jika ada kendaraan yang parkir di tempat ada rambu-rambu Dilarang Parkir, petugas Dishub langsung mendatangi kendaraan yang ada dan meminta pengemudinya supaya memindahkan kendaraannya.

“Bagi yang tidak ada pemilik atau pengemudi kendaraannya, maka petugas menempeli stiker yang bertuliskan anda parkir di tempat yang salah dan kami harapkan ini yang terakhir,” terang Gunadi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban.

Selama ini, untuk ruas jalan di Kota Tuban yang sering ditemukan kendaraan roda empat melakukan parkir sembarangan diantaranya ruas jalan Dr. Soetomo, jalan Ronggolawe, jalan Panglima Sudirman,  jalan Manunggal. Kemudian jalan Diponegoro, jalan KH. Agus Salim, Brawijaya dan juga jalan Veteran, Kota Tuban.

Gunadi menyatakan, bahwa penertiban untuk kendaraan parkir liar itu sudah sering dilakukan oleh petugas Dishub. Namun demikian, kesadaran dari sejumlah pengemudi atau pemilik kendaraan mobil untuk tidak parkir di tempat larangan parkir itu tampaknya masih kurang.

Pasalnya, selama ini masih sering ditemukan adanya kendaraan parkir yang berada di lokasi rambu-rambu larangan parkir. “Ini bukan karena kurangnya rambu-rambu, tapi menurut kami kembali kepada kesadaran dan kurangnya sanksi,” sambung Kadishub Tuban itu.

Sementara itu, dengan seringnya dilakukan penertiban yang bersifat edukatif serta sosialisasi yang terus dilakukan diharapkan warga masyarakat sedikit demi sedikit sadar akan pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Yang tak lain tujuannya adalah demi keselamatan dan kelancaran berlalu lintas di jalan raya.

“Kegiatan ini kami lakukan secara edukatif, semoga masyarakat sedikit demi sedikit sadar pentingnya mematuhi rambu lalu lintas demi keselamatan dan kelancaran berlalu lintas,” pungkas Gunadi.[mut/ted]