Surabaya (beritajatim.com) – Tim gabungan bencana alam dan pandemi FK  UNAIR jemput bola ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga terdampak erupsi Semeru di Desa Sumbermujur. Giat ini dilakukan selama dua hari ini, Selasa – Rabu, 7-8 Desember 2021 bekerjasama Poltekes Surabaya.

Sembari memberikan pelayanan kesehatan, tim juga menyalurkan bantuan logistik kepada warga terdampak. Selain itu, para dokter juga melakukan pelayanan kesehatan di posko bencana IKA UNAIR

Dalam pemeriksaan kesehatan ini cukup banyak korban yang menderita Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan hipertensi. Selain itu juga ditemukan pasiwn yang mengalami dispepsia atau sakit perut bagian atas, mata merah, dan beberapa keluhan lain.

Ketua Tim Aju Posko Gabungan Peduli Bencana Alam dan Pandemi, Teddy Heri Wardhana., dr., Sp.OT menuturkan, diperlukan perhatian khusus setelah penanganan fase akut. Misalnya mengantisipasi penyakit yang bisa muncul pasca erupsi. Misalnya radang paru-paru akibat menghirup abu vulkanik dan sebagainya.

“Dokter spesialis paru dan penyakit dalam dan juga perlu disiapkan untuk antisipasi selanjutnya. Apalagi saat ini COVID juga masih ada sehingga tetap tidak boleh lengah,” tambahnya.

Tim gabungan bencana alam dan pandemi FK  UNAIR jemput bola ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga terdampak erupsi Semeru di Desa Sumbermujur Kabupaten Lumajang

Kesediaan air bersih juga perlu diperhatikan untuk mencegah munculnya penyakit baru.

“Pun dengan penanganan trauma kepada korban karena mereka hingga saat ini masih trauma dengan peristiwa ini.”  (ted)