Probolinggo (beritajatim.com) – Dua hari setelah perayaan Lebaran, arus kendaraan di pintu exit tol Probolinggo Barat, tepatnya di Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan hingga 60 persen, Rabu (4/4/2022). Kepadatan kendaraan didominasi warga yang hendak melakukan mudik lokal, serta mengunjungi tempat wisata.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Roni Faslah mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi kemacetan dengan menerjunkan seluruh personel untuk mengatur lalu lintas.

Pada H plus dua Lebaran, Roni mengatakan ada penjngkatan jumlah kendaraan sebanyak 60 persen, pihaknya terus melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Polisi terus berjaga di titik-titik rawan kemacetan di sepanjang rute menuju Situbondo dan Lumajang. Di antaranya jalur selatan, perempatan Desa Lawean, pertigaan pasar Wonoasih, Jalan Lumajang perempatan traffic ligth Randupangger, dua batas kota, pertigaaan Kelurahan Kepatang, Jalan Panglima Sudirman, hingga depan Pasar Baru.

“Semua anggota Satlantas Polres Probolinggo Kota tidak kami izinkan cuti Lebaran untuk mengatur lalu lintas. Untuk peningkatan volume kendaraan yang melintas di wilayah hukum Kota Probolinggo, sekitar 60 persen” ujar Roni.

Roni memprediksi, penumpukan kendaraan akan terjadi pada lima hingga tujuh hari setelah perayaan hari raya Idulfitri.

“Kalau bisa jangan semua masyarakat balik H plus lima sampai H plus tujuh lebaran bersama-sama, karena bisa terjadi penumpukan kendaraan,” kata Roni. [tr/but]