Mojokerto (beritajatim.com) – H+4 Lebaran, arus balik di Jalur By Pass Mojokerto mulai terjadi peningkatan sekitar 20 persen. Total ada 8.422 kendaraan data dari Exit Gerbang Tol Penompo Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) dan Exit Gerbang Mojokerto Barat Jalan Tol Jombang-Mojokerto (Jomo).

Kasat Lantas Polresta Mojokerto, AKP Heru Budi Santoso mengatakan, peningkatan arus balik sudah terlihat pada Jumat (6/5/2022). “Di Exit Tol Penompo, yang masuk ada 2.585 kendaraan, keluar sebanyak 2.997 kendaraan. Exit Tol Gedeg, masuk 1.468 kendaraan dan keluar 1.372 kendaraan,” ungkapnya.

Menurutnya, jumlah kendaraan tersebut dari data dua exit tol di wilayah hukum Polresta Mojokerto. Ada peningkatan arus balik 20 persen dibanding Lebaran tahun 2021 lalu. Diprediksi puncak arus balik akan terjadi pada, Sabtu (7/5/2022) dan Minggu (8/5/2022) malam.

“Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di nasional Surabaya-Madiun tersebut, kami akan melakukan pengalihan arus. Baik di jalan Kota Mojokerto maupun Jalur By Pass jika terjadi penumpukan akan dilakukan pengalihan arus. Contra flow menjadi langkah terakhir jika terjadi kepadatan, alternatif terakhir,” ujarnya.

Namun pihaknya berharap tidak terjadi penumpukan kendaraan karena Satlantas Polresta Mojokerto sudah melakukan upaya maksimal dan sosialisasi ke masyarakat. Upaya tersebut sebelumnya juga sudah disampaikan ke masyarakat dan pihaknya mengimbau agar masyarakat paham atas rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan.

“Kepada masyarakat agar waspada, jaga jarak aman dan tetap menjaga protokol kesehatan agar tetap sehat sampai ke tujuan dan tidak ada kendala, petugas yang melaksanakan tugas juga sehat dan tidak ada kendala sampai akhir Operasi Ketupat Semeru 2022 berakhir,” harapnya.

Sekedar diketahui, Polresta Mojokerto mendirikan delapan Pos Pengamanan. Yakni di Terminal Kertajaya, Simpang Empat Sekar Putih, Alun-alun, Stasiun Kereta Api (KA), Sunrise Mall, Jembatan Utara Gajah Mada, Exit tol Penompo dan Exit Tol Mobar. Serta satu Pos Pelayanan yakni di Rest Area 725A Jalan Tol Sumo. [tin/suf]