Jombang (beritajatim.com) – Ketenangan warga Kelurahan Jelakombo, Kecamatan/Kabupaten Jombang berubah menjadi kepanikan, Rabu (2/2/2022). Hal itu menyusul ditemukannya ular sanca di rumah milik Heri, warga setempat.

Ular sepanjang 4 meter dengan bobot 60 kilogram itu ditemukan sedang membelitkan tubuhnya di kayu plafon rumah lantai dua tersebut. Tentu saja, pemilik rumah kaget bukan kepalang. Dia kemudian meminta bantuan petugas PMK (Pemadam Kebakaran BPBD (Badan Penanggulangan Bencana) Jombang.

Sebanyak tujuh personel meluncur ke lokasi. Mereka membawa sejumlah peralatan, termasuk karung berukuran besar. Dengan hati-hati, petugas naik ke lantai dua tempar ular sanca bergelayut. Mereka kemudian melumpuhkan ular tersebut. Aksi dramatis itu menyedot massa. Mereka penasaran ingin melihat ular berukuran besar. Akibatnya, jalan raya di sekitar lokasi macet.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang Syamsul Bahri mengatakan, untuk sementara ular sanca tersebut diamankan di kantor PMK. Yakni, ditempatkan di kotak khusus berukuran besar. Agar ular tidak mati, pada kotak tersebut terdapat rongga udara.

Petugas PMK Jombang memamerkan ular sanca yang baru ditangkap

“Sebelum ditangkap, ular semoat memangsa kucing dan ayam. Ada dua kemungkinan, pertama ular sanca itu berasal dari semak-semak sekitar lokasi, kedua ular itu piaraan seseorang yang lepas. Kami menerjunkan tujuh personel saat melumpuhkan ular tersebut,” ujar Syamsul.

Syamsul mengimbau agar masyarakat senantiasa berhati-hati. “Kalau menjumpai hewan berbisa seperti ular, tawon vespa atau tawon ndas di rumag, bisa menghubungi call center 081249861145. Petugas kami siap membantu 24 jam,” pungkas Syamsul. [suf]