Surabaya (beritajatim.com) – Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) memasuki usia setengah abad. Berbagai aksi digelar untuk memperingati hari jadi wadah pegawai negeri tersebut. Salah satunya donor darah seribu PNS Pemprov Jatim yang digelar di halaman Gedung Negara Grahadi pada Selasa (2/11/2021) hingga besok.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anie Susi Lestari mengatakan, aksi donor darah tersebut menjadi satu dari rangkaian HUT ke-50 Korpri. Pelaksanaannya dilakukan selama dua hari, masing-masing 500 orang per hari. “Melalui donor darah ini kami berharap dapat saling membantu sesama. Khususnya mereka yang sedang berjuang untuk kembali sehat dengan transfusi darah,” tutur Anie kepada wartawan.

Aksi tersebut disambut antusiasme yang tinggi dari ASN Pemprov Jatim. Hal itu terlihat dari peserta yang datang dari sejumlah OPD Pemprov Jatim. Bahkan saat Surabaya diguyur hujan deras kemarin, para peserta pun bersedia menunggu hingga cerah tiba.

Selain donor darah, HUT ke-50 Korpri juga akan diisi dengan aksi bakti sosial berupa pemberian santunan bagi pegawai yang terpapar maupun meninggal karena Covid-19. Setidaknya terdapat 800 pegawai yang akan menjadi sasaran dalam program ini. “Dalam situasi yang masih pandemi seperti ini, kita para ASN dituntut untuk saling memiliki rasa empati. Mudah-mudahan ini dapat membantu beban teman-teman ASN yang diuji Covid-19,” sambung Anie.

Lebih lanjut Anie menjelaskan, peringatan HUT Korpri tahun ini cukup spesial. Sebab, usia hari jadi yang mencapai setengah abad. Karena itu, dalam rangkaian HUT Korpri tahun ini panitia juga menggelar pertunjukan seni wayang kulit. “Perkiraan sekitar tengah November ini digelar. Yang penting, dalam pertunjukan ini adalah mendapatkan izin dari satgas Covid-19 di daerah setempat dan pelaksanaannya menggunakan protokol kesehatan secara ketat,” tutur Anie.

Pada puncak acara, lanjut Anie, HUT Korpri akan digelar upacara yang akan dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi. “Upacara digelar tepat pada hari jadi Korpri 29 November,” pungkas Anie. [tok/suf]