Bangkalan (beritajatim.com) -Sebanyak 1.800 Pedagang Kaki Lima (PKL) menerima bantuan uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan. Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan yakni berupa kupon senilai Rp 500 ribu yang bisa ditukar ke Bank BRI.

“Selama dua tahun kita sudah melakukan pembatasan ke pedagang, sekarang kami berikan bantuan agar bisa terus berjualan. Ada 1.800 orang PKL yang mendapatkan bantuan tersebut dan kita salurkan hari ini,” ujarnya, Senin (25/4/2022).

Ia mengatakan, sebanyak 1.800 penerima itu tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Bangkalan. Dalam teknis pencairannya, penerima bantuan membawa KTP dan kupon tersebut ke Bank BRI terdekat. “Kupon ini bisa dicairkan ke Bank BRI terdekat. Jangan khawatir tidak bisa cair, karena kami sudah lakukan koordinasi dengan pimpinan bank tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, pembina Ikatan Pembeli Emas (IPEM) Lukman Hakim mengaku bersyukur atas bantuan yang telah diberikan pada pedagang. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu masyarakat terutama menjelang lebaran. “Jelang lebaran, kebutuhan semakin banyak. Jadi bantuan ini sangat membantu masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bangkalan Iskandar Ahadiyat mengatakan pendataan penerima tersebut dilakukan mulai dari pedagang yang tidak memiliki lapak di depan pasar hingga di beberapa titik berkumpulnya pedagang.

“Jadi kami bekerjasama dengan paguyuban pedagang dan dinas perdagangan untuk pendataan tersebut. Sehingga diperoleh jumlah penerima,” tandasnya. [sar/suf]