Tuban (beritajatim.com) – Petugas dari Sabhara Polres Tuban menggelar razia Cipta Kondisi (Cipkon) dengan sasaran sejumlah hotel kelas melati yang ada di wilayah setempat, Sabtu (12/3/2022) malam.

Dalam kegiatan itu, petugas berhasil mendapati empat pasangan muda-mudi yang sedang berduaan di dalam kamar hotel. Berbagai alasan dilontarkan oleh pasangan tersebut saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

Pantauan beritajatim.com, razia Pamor Keris yang sekaligus untuk Cipta Kondisi (Cipkon) itu dilakukan dengan patroli keliling tempat-tempat keramaian di Tuban. Kemudian dilanjutkan dengan menyisir hotel-hotel yang ada di wilayah Kota Tuban dan di wilayah Kecamatan Jenu.

“Selain menjalankan Patroli Pamor Keris, dalam rangka menjelang Ramadan kita juga melaksanakan kegiatan razia tentang ketertiban umum dan kententraman masyarakat. Sasarannya, sejumlah hotel yang ada di Kota Tuban dan Kecamatan Jenu,” terang Kasat Sabhara Polres Tuban AKP Chakim Amrullah.

Dari hasil pemeriksaan di dua hotel kelas melati, Sat Sabhara Polres Tuban berhasil mendapati satu pasangan bukan suami istri yang berduaan di kamar hotel. Saat dilakukan pemeriksaan pasangan muda-mudi itu tidak bisa menunjukan buku nikah. Mereka mengaku baru akan menikah.

Selanjutnya, petugas kembali melakukan salah satu hotel yang ada di Kecamatan Jenu, Tuban. Dari hasil pemeriksaan kamar yang ada, petugas mendapati tiga pasangan bukan suami istri yang sedang menginap dalam satu kamar. “Dalam kegiatan razia malam ini kita mendapatkan empat pasangan bukan suami istri,” sambungnya.

Sementara itu, dari tiga pasangan bukan suami istri itu salah satu pasangan mengaku sebagai suadara sepupu, satu pasangan lainnya yang merupakan sales mengaku bahwa menginap berduaan untuk menghemat biaya hotel. Adapun alasan satu pasangan lainnya mengaku sedang ada masalah keluarga.

“Mereka yang terjaring razia karena melanggar Perda Kabupaten Tuban Nomor 16 tahun 2014 kita lakukan penindakan. Mereka akan kita lakukan penindakan sidang Tipiring (Tindak Pidana Ringan) di Pengadilan Negeri Tuban pada Selasa besok,” pungkasnya. [mut/suf]