Sampang (beritajatim.com) – Menjelang datangnya bulan suci Ramadan 1443 H, sejumlah kebutuhan pokok di Sampang, Jawa Timur merangkak naik. Kenaikan harga tersebut salah satunya terjadi di Pasar Srimangunan, sebagai pusat pembelajaan di wilayah Kabupaten Sampang.

Informasi yang berhasil dirangkum beritajatim.com, semua kebutuhan pokok seperti rempah-rempah dan bahan baku masakan harganya naik, meskipun tidak terlalu signifikan. “Rata-rata kebutuhan untuk memasak mengalami kenaikan berkisar Rp 1000,” terang Yatik, ibu rumah tangga asal Kelurahan Rongtengah, Sampang, Senin (28/3/2022).

Sementara itu, kenaikan harga bahan kebutuhan memasak ini juga diakui Samsul, pedagang sayur dan ikan keliling. Menurutnya, kenaikan kebutuhan ini tidak terasa karena lonjakanya sangat kecil. “Kalau beli di tukang sayur memang tidak terasa karena kecil, terkecuali tengkulak dengan jumlah besar,” tegasnya.

Samsul mengatakan, kondisi kenaikan komoditas bahan memasak ini sudah biasa menjelang hari-hari besar, apalagi menjelang hari raya nanti. “Kenaikan ini sudah biasa dan tidak membuat kaget para ibu-ibu rumah tangga, karena masih dalam ambang kewajaran, beda lagi dengan harga minyak goreng,” tandasnya. [sar/suf]