Sumenep (beritajatim.com) – Sesosok mayat laki-laki ditemukan mengapung di perairan Pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep, Kamis (18/2/2021).

“Mayat tersebut pertamakali ditemukan oleh KM. Tanimbar Permai yang sedang melintas di titik koordinat 07 18 022 113 48 768,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

KM. Tanimbar asal Papua dengan tujuan Kalimas Surabaya itu melintas tepat di perairan wilayah selatan pulau Giliraja. Piket jaga kemudi di anjungan melihat seperti ada mayat terapung melintas di sisi lambung kanan kapal.

Kapal yang dinahkodai Bambang Riyanto dengan membawa ABK 16 orang itu kemudian putar balik untuk memastikan bahwa yang mengapung tersebut adalah mayat manusia. Setelah dipastikan bahwa adalah mayat manusia, nahkoda kapal menghubungi pihak perusahaan. Perusahaan langsung menghubungi Satpolair Polres Sumenep.

“Anggota Satpolair kemudian juga menginformasikan tentang penemuan mayat tersebut ke Kepala Desa Lobuk,” terang Widiarti.

Kepala desa Lobuk kemudian menghubungi pemilik KM Berhasil II, H. Syaiful. Karena mayat tersebut diduga merupakan salah satu korban hilang dalam musibah tenggelamnya KM Berhasil II, maka keluarga korban berniat mendatangi lokasi penemuan mayat.

Akhirnya keluarga korban menggunakan kapal milik H. Syaiful dengan 11 ABK diikut perahu tambangan dengan 3 ABK, berangkat dari pelabuhan Desa Lobuk Kecamatan Bluto.

Rombongan menuju ke lokasi penemuan mayat tersebut. Setiba di lokasi, mayat itu diangkat ke perahu tambangan milik H. Rifawan. Kemudian mayat tersebut dibungkus kantong mayat warna kuning dan dibawa ambulan ke RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep guna dilakukan otopsi mayat.

“Mayat itu ternyata bukan salah satu dari tiga korban hilang dalam musibah tenggelamnya KM Berhasil 2. Mayat laki-laki itu dinyatakan sebagai Mr. X karena belum diketahui jdentitasnya,” ungkap Widiarti. [tem/suf]