Jember (beritajatim.com) – Zainil Ghulam, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyebut profesi jurnalis atau wartawan sebagai ladang dakwah. Ini profesi yang mengemban tugas untuk memperjuangkan kebenaran.

“Jurnalis bisa mendobrak kezaliman. Karena tugas kita sebagai khalifah fil ardi, khalifah di bumi, adalah melawan kezaliman. Itu pesan Nabi Muhammad SAW,” kata Ghulam, Rabu (9/2/2022).

“Menjadi jurnalis bisa diniatkan menjadi ladang dakwah untuk memotret fakta-fakta yang ada, menyebarkan kepada masyarakat tentang kebenaran-kebenaran yang sesuai fakta,” kata pria kelahiran 21 Mei 1978 ini.

Ghulam sempat bercita-cita menjadi jurnalis saat muda. “Tapi kemudian tersesat di jalan yang benar menjadi dosen di Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang. Menjadi jurnalis membuat saya bisa menjalin banyak teman dan tidak ada matinya,” katanya.

Percintaan Ghulam dengan jurnalisme berlanjut saat duduk di bangku Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Bersama kawan-kawannya, ia menerbitkan dua edisi buletin setiap bulan. Saat kuliah di Universitas Nurul Jadid, Ghulam semakin produktif.

“Pengasuh memang mendorong santri menjadi penulis, karena kiai saya, almarhum KH Wahid Zaini, adalah penulis yang hebat. Banyak buku yang diterbitkannya. Itu jadi pelecut saya pribadi untuk mengasah kemampuan jurnalistik,” kata Ghulam. [wir/suf]