Lamongan (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya ini telah memberikan dampak yang nyata bagi kehidupan bermasyarakat di tanah air, tak terkecuali Kabupaten Lamongan. Berbagai sektor terpaksa harus terpukul lesu karena wabah Covid-19, mulai dari sektor kesehatan, pendidikan, politik, hingga ekonomi.

Sehubungan dengan hal tersebut, muncul kepedulian dan aksi sosial dari berbagai pihak untuk saling menguatkan dan bahu-membahu dalam menghadapi Covid-19. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh sekelompok pemuda yang ada di Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan.

Para pemuda tersebut mengaku tergugah rasa kemanusiaannya karena perihatin melihat situasi sulit yang harus dihadapi masyarakat akibat terdampak Pandemi Covid-19. Pelan tapi pasti, para pemuda yang tergabung dalam komunitas berbagi nasi bungkus (NaBung) itu aktif melaksakan aksi kemanusiaannya sejak awal virus Corona masuk ke Indonesia.

Diketahui, para anggota komunitas NaBung ini juga terdiri dari lintas profesi, meliputi guru, mahasiswa, pengamen, anak band, buruh dan pedagang. Mereka semua aktif melakukan aksi pembagian nasi bungkus kepada warga pada setiap hari Jumat.

Mereka menyediakan nasi bungkus di pinggir jalan bagi masyarakat yang membutuhkan. Lambat laun, aksi mereka mendapat respon positif dari masyarakat, sehingga banyak warga sekitar yang kemudian menawarkan diri menjadi donatur.

“Alhamdulillah, saat ini kami sudah membagikan nasi bungkus dengan cara diantarkan langsung ke masyarakat, mulai dari fakir miskin, dhuafa, anak yatim, tukang becak, hingga kepada petugas penyeberangan rel kereta api,” ungkap Kordinator Komunitas NaBung, Andi Rizal Aminullah, di sela-sela aktifitasnya berbagi, Jumat (13/8/2021).

Pada kesempatan itu, Andi juga menuturkan, dalam setiap aksi berbagi yang dilakukan bersama teman-temannya tersebut, ada sebanyak ratusan bungkus nasi dan air mineral yang disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Selain itu, pihaknya juga berterimakasih kepada segenap pihak yang telah mensukseskan kegiatan sosial tersebut.

“Pada Jumat berkah kali ini, kami membagikan sebanyak 265 bungkus nasi plus krupuk, 6 kardus air mineral gelas, dan 1 morong kopi susu. Kami berterima kasih kepada seluruh donatur yang terus mensupport kegiatan berbagi ini. Semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi semua,” tandasnya.

Terakhir, Andi juga mengharapkan, bahwa dengan bantuan tersebut, setidaknya mampu sedikit meringankan beban masyarakat yang tengah menghadapi situasi sulit saat Pandemi. “Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat dan mampu sedikit meringankan beban warga terdampak Covid-19. Semoga pandemi ini cepat berlalu, sehingga aktifitas warga bisa kembali normal seperti sedia kala,” pungkasnya. [riq/suf]