Surabaya (beritajatim.com) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur menyiapkan bonus khusus berupa uang tunai sebesar Rp200 juta kepada cabang olahraga (cabor) yang berhasil menjadi juara umum pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Tercatat ada 10 cabor yang berhasil tampil sebagai juara umum. Adalah renang OWS, renang kolam, aeromodelling, gulat, wushu, tenis lapangan, selam kolam, panjat tebing, dan paralayang.

“Cabor juara umum akan dapat bonus Rp200 juta dari KONI Jatim sebagai uang pembinaan buat mereka,” ungkap Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung saat ditemui usai pembubaran Satgas Kontingen Jatim PON 2021 di Gedung KONI Jatim, Surabaya, Jumat (29/10/2021).

Apresiasi ini diberikan tak lain karena keberhasilan pembinaan yang sudah dilakukan selama ini. Apalagi, dalam persiapan dalam pemusatan latihan daerah (Puslatda) Jatim sekitar satu setengah tahun terakhir terkendala adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

Sehingga, persiapan tidak dapat berjalan maksimal sesuai rencana. “Kalau dihitung persiapan terakhir hanya 60 persen, tapi ternyata cabor bisa membuktikan prestasinya di PON kemarin. Saya terima kasih kepada semua karena perjuangan yang diberikan sudah sangat maksimal,” ujarnya.

Dengan bonus tersebut, ia berharap, dapat memotivasi setiap pengurus cabor dapat melakukan pembinaan lebih maksimal lagi. Sehingga, dapat memunculkan atlet berprestasi tak hanya untuk PON saja, namun untuk Indonesia di kancah dunia.

Untuk diketahui, Jawa Timur menempati peringkat ketiga di bawah Jawa Barat sebagai juara umum dan DKI Jakarta. Pada gelaran ke-20 ini Jatim mengoleksi 110 medali emas, 89 perak, dan 87 perunggu.

Sementara itu dalam waktu dekat ini KONI Jatim berharap pengurus cabang olahraga sudah mulai lagi melakukan pembinaan. Meski PON telah usai, Pengprov cabor-cabor diharapkan menggelar Kejurda atau Kejurprov untuk mencari bibit atlet yang nanti disiapkan untuk PON XXI 2024 yang digelar di Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. [way/suf]