Surabaya (beritajatim.com) – Tidak bisa dipungkiri bahwa dari hari ke hari bumi kita terus mengalami kerusakan. Semakin besar dan terus membesar. Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang terus menyerukan perbaikan bumi, tempat kita tinggal. Menegubah pola hidup menjadi lebih ramah lingkungan.

Pada umumnya Perkembangan rekayasa mengakibatkan penipisan sumber daya dan kerusakan lingkungan. Dan isu lingkungan yang krusial bukan lagi permainan menyalahkan siapa yang salah dan benar. Namun, Anda sebagai masyarakat juga harus melek informasi mengenai perubahan iklim dan lingkungan, adapun kami lampirkan beberapa isu lingkungan yang sangat membuka mata Anda dan sedang dibicarakan banyak masyarakat .

Perubahan Iklim – Krisis Iklim

Perubahan iklim saat ini bukanlah proses alami. Perubahan iklim tidak hanya mengubah skenario cuaca secara keseluruhan tetapi memiliki efek yang lebih besar dan berbahaya. Beberapa di antaranya termasuk mencairnya daerah kutub, munculnya penyakit baru, dan penghambatan permanen dalam pertumbuhan tanaman tertentu yang penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Pemanasan Global

Selama beberapa dekade terakhir, akumulasi gas rumah kaca telah berkembang pesat, yang berarti lebih banyak panas yang terperangkap di atmosfer dan hanya sedikit dari gas-gas ini yang terlepas kembali ke luar angkasa. Gas-gas ini memanaskan permukaan bumi dan menyebabkan pemanasan global.

Deforestasi & Penebangan

Dengan populasi yang tumbuh dengan cepat, permintaan akan makanan, tempat tinggal, dan pakaian hampir tiga kali lipat dalam beberapa dekade terakhir. Untuk mengatasi permintaan yang meningkat, tindakan langsung yang kita kenal sebagai deforestasi. Efek jangka panjang dari deforestasi adalah dapat sangat menghancurkan dan mengkhawatirkan karena dapat menyebabkan banjir, erosi tanah, peningkatan pemanasan global, ketidakseimbangan iklim, kepunahan satwa liar, dan masalah lingkungan serius lainnya.

Overpopulasi

Overpopulasi ni adalah tragedi kemanusiaan yang tidak pernah berakhir yang bertanggung jawab untuk menyebabkan semua jenis masalah lingkungan. kelebihan penduduk sulit dikendalikan di tingkat internasional. Ini menjadi lebih seperti masalah subjektif dan tidak ada metode yang tampaknya 100% efisien untuk menyelesaikan masalah kelebihan populasi.

Limbah Industri dan Rumah Tangga

Kehadiran tempat pembuangan sampah besar di seluruh kota menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Ini mempengaruhi kesehatan manusia, menurunkan kualitas tanah, mempengaruhi satwa liar , menyebabkan polusi udara, dan mengakibatkan perubahan iklim.

Hujan Asam

Hujan asam dapat disebabkan karena sumber buatan manusia yang meliputi pembakaran bahan bakar fosil yang melepaskan sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke atmosfer. Hujan asam dapat berdampak buruk pada kehidupan air, hutan, kesehatan masyarakat dan arsitektur, dan bangunan. [ptr/tur]