Bojonegoro (beritajatim. com) – Jumlah warga Bojonegoro yang terkonfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19 bertambah tiga orang. Dari sebelumnya 12 orang yang dirawat saat ini menjadi 15 orang, Kamis (7/5/2020).

Penambahan tiga orang positif Covid-19 itu berada pada Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro yang sebelumnya merupakan Pasien dalam Perlindungan (PDP). Sehingga total di kecamatan kota itu ada tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat dan satu meninggal dunia.

Sedangkan tambahan kedua yaitu warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberrejo. Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini seorang lelaki berusia 20 tahun yang sebelumnya orang tanpa gejala (OTG).

Dan ketiga, yakni pengembangan dari status PDP Warga Tempat Sranak, Kecamatan Trucuk. Total dalam Kecamatan Trucuk ada tiga orang terkonfirmasi positif dan satu karakter meninggal dunia dari klaster transmisi pasar kota Bojonegoro.

Juru Bicara Gugus Tugas Pengerjaan Covid-19 Kabupaten Bojonegoro Masirin melahirkan, jumlah positif terkonfirmasi hari itu menjadi sebanyak 12 orang. Dengan kumulatif sebanyak 15 orang, dengan dirawat 12 orang dan yang meninggal dunia 3 orang.

“Untuk status PDP, keadaan ini berkurang sebanyak 2 orang, di Kecamatan Bojonegoro 1 karakter dan Trucuk 1 orang, sebab hari ini keduanya meningkat statusnya menjadi positif terkonfirmasi, ” ujar Masirin.

Sehingga pada hari ini jumlah PDP sebanyak 6 orang yaitu di Kecamatan Bojonegoro 2 orang, Trucuk 1 orang, Kepohbaru 1 orang, Kanor 1 orang dan Purwosari 1 orang. Status PDP kumulatif sebanyak 8 orang, 6 orang di dalam pengawasan dan 2 orang wafat dunia.

Untuk posisi ODP, hari ini ada penggandaan baru sebanyak 2 orang, yaitu di Kecamatan Bojonegoro dan Kasiman. ODP yang selesai dalam pemantauan hari ini sebanyak 6 orang, satu orang di Kecamatan Dander, Kalitidu, Ngambon dan Tambakrejo 3 orang. Sehingga jumlah ODP dipantau pada hari ini sebanyak 37 orang. “ODP selesai pemantauan secara kumulatif sebanyak 159 orang, ODP keseluruhan secara kumulatif sebanyak 196 orang, ” pungkasnya.

Sisi lain dalam peta sebaran Covid-19 dari 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro terdapat delapan kecamatan yang statusnya masih putih. Yakni di Kecamatan Kedewan, Padangan, Tambakrejo, Sekar, Bubulan, Sukosewu, Kedungadem dan Kecamatan Baureno. [lus/kun]