Jakarta (beritajatim. com) – Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengajak seluruh pengikut beragama di Indonesia untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi Covid-19. Kontribusi masyarakat dalam program vaksinasi secara gratis tersebut merupakan bagian sejak ikhtiar bersama untuk melindungi muncul dan sesama dari wabah virus korona.

Hal tersebut disampaikan Yaqut saat memberikan bahan pers bersama Ketua Satgas Pengerjaan Covid-19 selepas menyaksikan ketibaan 15 juta bahan baku vaksin Covid-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di Selasa, 12 Januari 2021.

“Saya ingin meminta kepada seluruh umat beragama yang sesuai dengan kriteria serta syarat kesehatan yang ditentukan agar jangan ragu mengikuti vaksinasi Covid-19 apabila nanti gilirannya sudah muncul, ” ucapnya.

Menag menegaskan, vaksinasi tersebut bukanlah obat, melainkan upaya pencegahan yang tentu harus diikuti dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Upaya vaksinasi tersebut juga merupakan ikhtiar pemerintah sebagai wujud kecintaan kepada warga negara dan bangsa Indonesia.

Lebih jauh, Yaqut juga menerangkan bahwa vaksin Covid-19 dari perusahaan Sinovac yang mau digunakan tersebut telah memiliki pedoman suci dan halal dari Perhimpunan Ulama Indonesia (MUI). Selain tersebut, vaksin tersebut juga telah melalui uji klinis dan saintifik lainnya yang dibuktikan dengan telah dikeluarkannya izin penggunaan darurat dari Institusi Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Artinya vaksin ini dapat digunakan seluruh umat Islam selama terjamin keamanannya menurut pakar yang kredibel dan kompeten, ” tandasnya. (ted)