Surabaya (beritajatim.com) – Bagi anda yang pernah atau gemar bermain football manager pasti sudah tidak asing dengan posisi ini. Seorang gelandang yang diberikan role sebagai Advance Playmaker.

Seringnya mereka yang ditugaskan menjadi advance playmaker adalah pemain gelandang serang. Namun, tidak jarang pemain sayap juga diberikan role serupa. Atribut utama yang harus dimiliki oleh pemain dengan role ini adalah kemampuan passing akurat, dribling, serta visi untuk mengatur tempo permainan dan mendistribusikan bola. Utamanya dalam menciptakan peluang dan memberikan end passing.

Berikut ini peran-peran yang harus dimainkan seorang advance playmaker di sepakbola.

Aktif di area sepertiga dari lawan

Karena memiliki peran yang lebih agresif membuat pemain yang memainkan posisi ini harus sering berkontribusi dalam serangan timnya di area sepertiga akhir lawan. Baik saat membawa bola ataupun saat mengalirkan bola kepada rekan. Kemampuan yang harus dimiliki adalah daya kreativitas mengumpan bola.

Mencari posisi celah

Pemain dengan posisi akan mencari celah di antara pemain tengah dan dan bek lawan. Ini bertujuan agar dirinya bebas sehingga dapat diberi bola oleh rekan satu tim kemudian mengambil langkah dari bertahan menjadi menyerang seketika. Posisi pada celah tersebut juga berguna untuk mencari kesempatan agar dapat memberi operan ke pemain pendukung maupun striker.

Melakukan operan kunci

Bagi seorang advance playmaker wajib punya kemampuan operan pada lini serang yang baik. Visi bermain serta kemampuan membaca situasi adalah kuncinya. Operan kunci dari advance playmaker kelas atas biasanya akan memudahkan rekan satu tim guna mencetak gol di fase akhir.

Mengandalkan Kreativitas

Sebagai pemain yang berposisi di playmaker maka wajar jika mengemban role ini harus memiliki kreatifitas tinggi ketika di atas lapangan. Apalagi ketika berada di posisi sepertiga dari jantung pertahanan lawan karena. Kreativitas ini akan sangat krusial untuk membantu tim dalam gol.

Pemain dengan role advance playmaker bisa terlihat dari gelandang serang Real Madrid yaitu Isco. Berbekal kreatifitas yang baik, Isco sering tampil dengan role advance playmaker. Ia jadi pemain yang tampil guna mencari celah di antara musuh, menjelajah lini serang, hingga aktif untuk memberi operan terbaik pada striker. Selain itu pemain dengan gaya ini ada Andres Iniesta, dan James Rodriguez. (dan)