Ponorogo (beritajatim.com) – Jalan Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto atau biasa dibilang Malioboro-nya Ponorogo menjadi tempat jujukan warga dari dalam maupun luar daerah. Mereka disana bisa kongkow atau sekedar berselfie ria dengan spot-spot yang instagramable di setiap sudutnya.

Namun, di bulan Ramadan ini, ada pemandangan yang lain dari biasanya. Ada puluhan orang, duduk di pinggir jalan tersebut, dengan membaca kitab suci Al Qur’an. Ya, mereka menggelar acara Ngaji On The Road. Kegiatan itu dilakukan oleh warga dan jemaah masjid di Jalan HOS Cokroaminoto Ponorogo.

Selain para orang tua, terlihat juga remaja dan anak-anak yang mengikuti kegiatan ini. Pantauan beritajatim.com Ngaji On The Road itu dilakukan saat menunggu bedug adzan Magrib. Mereka terlihat sangat senang dan antusias dengan kegiatan tersebut.

“Ngabuburit dengan membaca Al-Quran dipedestrian Jalan HOS Cokro, ada suasana yang berbeda. Asyik sambil menunggu berbuka puasa,” kata salah satu peserta Ngaji On The Road, Mohammad Roza, Sabtu (16/4/2022).

Lalu lalang kendaraan yang lewat dan banyaknya pejalan kaki yang lewat pedestrian, tidak membuat peserta Ngaji On The Road terganggu. Mereka tetap bisa berkonsentrasi dalam membaca kitab suci Al-Quran. Hal ini membuktikan bahwa membaca Al’quran bisa dilakukan dimana saja, serta tidak mengganggu kekhusyukan dalam membaca.

“Jadi di jalan HOS Cokro bukan untuk jalan-jalan saja, bisa ada kegiatan positif mengaji,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Ngaji On The Road, Sugeng Wibowo mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan sentuhan religi di jalan HOS Cokro. Sehingga tidak hanya untuk tempat rekreasi saja.

“Biar ada nuansa religi di jalan ini, jadi bukan untuk rekreasi saja,” kata Sugeng.

Kegiatan ini juga untuk menjadi pengalaman baru untuk peserta anak-anak. Sugenh menyebut kegiatan Ngaji On The Road akan terus dilakukan selama bulan puasa ini.

“Akan dilakukan selama bulan Ramadan ini. Alhamdulillah ada kegiatan positif untuk mengisi waktu menunggu berbuka,” pungkasnya. [end/but]