Pamekasan (beritajatim.com) – Hujan deras disertai hujan angin kencang yang terjadi di kabupaten Pamekasan, dan sekitarnya, mengakibatkan beberapa pohon tumbang, satu di antaranya menimpa motor warga yang tengah diparkir, Kamis (10/2/2022).

Peristiwa tersebut terjadi dalam waktu hampir bersamaan, sehingga sejumlah petugas harus disebar di beberapa titik yang tertimpa bencana. Seperti di Jl Raya Sumenep, Desa Peltong, Kecamatan Larangan, hingga di Desa Pangoraian, Kecamatan Proppo.

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang beserta petir yang terjadi di Pamekasan, mengakibatkan sejumlah pohon asam tumbang. Satu di antaranya menimpa motor milik warga yang tengah parkir,” kata Kasi Pengendalian dan Sarpras BPBD Pamekasan, Budi Cahyono,

Dari beberapa pohon yang tumbang akibat angin kencang, di antaranya merupakan pohon asam jawa, termasuk yang menimpa motor warga. “Jenis pohon asam jawa yang tumbang cukup besar, dengan diameter sekitar 70 centimeter dan panjang sekitar 15 centimeter,” ungkapnya.

“Selain pohon tumbang, peristiwa ini juga mengakibatkan sebuah bengkel las milik warga di Desa Sentol, Kecamatan Pademawu, juga ambruk. Beruntung kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa,” sambung pria yang akrab disapa Pak Budi.

Dari itu pihaknya sangat berharap agar seluruh masyarakat selalu waspada terhadap berbagai bencana, khususnya bencana yang biasa terjadi pada musim penghujan. “Tentunya kami selalu berharap agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan di musim penghujan seperti saat ini,” imbaunya.

Untuk diketahui, selama ini BPBD Pamekasan bersama sejumlah instansi terkait mendirikan Posko Darurat Terpadu yang dipusatkan di sisi selatan Monumen Arek Lancor. Keberadaan pos tersebut tetap didirikan hingga Maret 2022 mendatang. [pin/ted]