Pamekasan (beritajatim.com) – Tingginya curah hujan yang terjadi di kabupaten Pamekasan, dan sekitarnya mengakibatkan aliran sungai Kali Kloang meluap dan menggenangi halaman rumah warga di Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Pamekasan, Jum’at (11/2/2022) malam.

“Luapan air sungai ini akibat curah hujan yang tinggi di wilayah hulu sungai, yaitu di wilayah Blumbungan dan sekitarnya. Sehingga aliran sungai Kali Kloang meluap dan menggenangi halaman rumah warga,” kata Kasi Pengendalian dan Sarpras BPBD Pamekasan, Budi Cahyono.

Status luapan air sungai tersebut mulai terjadi sekitar pukul 23:00 WIB, serta mengakibatkan tiga rumah warga di Kelurahan Gladak Anyar, terdampak. “Rata-rata ketinggian air di halaman rumah warga sekitar 20 hingga 35 centimeter,” ungkapnya.

“Sementara untuk kendala dan hambatan dari kejadian ini tidak lepas dari keberadaan mesin pompa air yang kembali mengalami troble. Sehingga mengakibatkan tiga rumah warga terdampak dari luapan,” sambung pria yang akrab disapa Pak Budi.

Akibat kejadian tersebut, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait melakukan pemantauan sekaligus membantu warga mengamankan barang-barang berharga dari genangan. “Dari itu kami kembali mengimbau masyarakat agar tetap waspada, serta tetap koordinasi dengan pihak terkait,” pungkasnya. [pin/ted]