Sumenep (beritajatim. com) – Jumlah pasien terkonfirmasi tentu Covid-19 di Sumenep kembali berserang. Kali ini bertambah 2 karakter, sehingga total kasus positif Covid-19 di Sumenep sebanyak 37 orang.

“Dua pasien terakhir itu yang satu perempuan, masyarakat Kecamatan Kalianget. Yang satu teristimewa laki-laki, warga Kecamatan Kota. Itu sama-sama seorang wirausahawan, ” cakap Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya, Selasa (23/6/2020).

Pasien nomor 36 adalah seorang hawa berumur. 33 tahun. Pasien ini melakukan rapid test di Surabaya dengan hasil reaktif, dilanjutkan swab dengan hasil positif. “Namun setelah dinyatakan positif, pasien pulang ke Sumenep dari Surabaya, kemudian dirawat di RSI Kalianget, ” perkataan Ferdiansyah.

Sedangkan pasien nomor 37 adalah seorang laki-laki berumur 50 tarikh. Pada 13 Juni 2020, anak obat dirawat di RSUD dr H. Moh. Anwar. Kemudian pasien melaksanakan rapid test dengan hasil reaktif. Tiga hari berikutnya dilakukan swab. Sambil menunggu hasil swab, dalam 21 Juni 2020, pasien keluar dari rumah sakit dan memilah isolasi mandiri secara ketat di rumah.

“Anaknya seandainya mengirimkan makanan ditaruh di pagar. Sedangkan istri pasien ini masih dirawat di RSUD. Jadi anak obat ini menjalani isolasi mandiri dalam rumahnya, seorang diri, ” ujarnya.

Setelah hasil swab keluar, ternyata pasien ini positif Covid-19. Awak medis juga melakukan rapid test terhadap kontak erat pasien bagian 37, yakni anak dan menantunya. “Ternyata rapid test anak serta menantunya hasilnya non reaktif. Ana dari satgas Covid-19 terus mengabulkan tracing terhadap kontak erat para pasien, ” terangnya.

Kedua pasien tersebut saat tersebut tengah dirawat di ruang isolasi Covid-19. Sedangkan rumah dan dunia sekitar pasien disemprot dengan awahama. [tem/suf]