Surabaya (beritajatim. com) – Universitas Daerah Surabaya (Unesa) mengukuhkan empat tutor besar pada Senin, (7/11/2020) di Gedung Graha Unesa. Dikukuhkannya empat guru besar itu menunjukkan dedikasi Unesa terhadap dunia pendidikan dalam Indonesia.

Keempat kiai besar tersebut adalah Prof. Dr. Budiyanto, M. Pd – Kiai Besar Bidang pendidikan inklusi dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Munasir, S. Si., M. Si – Guru Besar Bidang fisika material dari Fakultas Matematika serta Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. Dra. Fida Rachmadiarti, M. Kes – Guru Besar Bidang ekologi dari Fakultas Matematika dan Menuntut Pengetahuan Alam dan Prof. Dr. Hariyati., Ak., M. Si., CA – Guru Besar bidang akuntansi manajemen dari Fakultas Ekonomi.

Acara ini dihadiri sebab rektor, ketua senat, wakil rektor, pimpinan lembaga, dekan dan ketua prodi selingkung Unesa. Rektor Unesa Prof. Nurhasan yang secara tepat memimpin prosesi pengukuhan mengatakan, bertambahnya guru besar menjadi bukti dedikasi Unesa untuk terus melangkah dalam pengembangan dunia pendidikan Indonesia.

“Pencapaian menggelar puncak akademik sebagai guru tumbuh bukan lah tanggung jawab yang mudah. Pada tataran lebih umum, guru besar adalah seorang wiku keilmuan yang diharapkan menjadi pemacu hadirnya gagasan yang mendukung pembangunan negeri dan inovasi yang menyampaikan kemanfaatan pada masyarakat, ” sendat Nurhasan.

Dengan adanya empat guru besar baru, Cak Hasan-sapaan akrabnya, berharap Unesa dapat bergerak lebih cepat dalam mengambil inisiatif serta menginspirasi seluruh civitas academica ke arah yang bertambah baik.

“Saya berharap gelar puncak akademik ini mendaulat bapak-ibu tauladan yang mampu menginspirasi civitas academica untuk terus membangun budaya akademik dan memacu proklamasi ilmiah yang akan terus menjunjung peningkatan Unesa, ” jelasnya.

Sebelum prosesi pengukuhan, setiap guru besar menyampaikan pidato pengukuhan atau pidato ilmiah di depan seluruh peserta yang hadir pada tempat maupun yang menonton dengan daring. [adg/suf]