Surabaya (beritajatim.com) – Pernahkah Anda kemasukan air di telinga tanpa sengaja? Rasanya pasti sungguh tidak nyaman, dan yang paling parahnya air yang terjebak di dalam telinga Anda dapat menyebabkan infeksi jika tidak segera dikeluarkan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu mengeluarkan air yang terjebak di dalam telinga Anda:

 

Goyangkan Telinga

Anda bisa mencoba menggoyangkan telinga anda dan menggerakkan kepala anda ke atas dan ke bawah berulang kali hingga dirasa air yang terjebak dalam telinga anda sudah keluar.

 

Memanfaatkan Gravitasi

Anda dapat memanfaatkan gravitasi untuk membantu mengeluarkan air yang terjebak di telinga Anda. Miringkan badan dan kepala Anda hingga telinga yang kemasukan air sejajar dengan tanah. Dengan memanfaatkan gravitasi, air akan keluar dengan mudah dari telinga Anda.

 

Meletakkan Kompres Panas di Telinga

Air yang ada di telinga Anda bisa saja terjebak di bagian tuba eustachius dan akan sulit untuk mengeluarkannya. Untuk membantu mengeluarkannya, letakkan kompres panas di telinga anda dan tunggu hingga air yang terjebak keluar.

 

Gunakan Hair Dryer

Menggunakan hair dryer dapat membantu air yang terjebak dalam telinga Anda untuk berevaporasi. Gunakan hair dryer dengan setting panas paling rendah untuk menghindari rasa sakit dan panas berlebihan pada telinga. Biarkan angin yang dihasilkan oleh hair dryer masuk ke dalam telinga untuk membantu air yang terjebak keluar.

 

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat mencegah infeksi pada telinga. Teteskan minyak zaitun pada telinga, tunggu beberapa saat dan miringkan tubuh hingga telinga sejajar dengan tanah, minyak zaitun akan keluar bersama dengan air yang terjebak dalam telinga Anda.

 

Gunakan Alkohol dan Cuka

Campurkan alkohol dan cuka kemudian gunakan metode pengaplikasian yang sama dengan minyak zaitun. Tunggu hingga 30 detik dan air akan keluar bersama dengan campuran alkohol dan cuka yang dibuat.

 

Kunyah Sesuatu

Ketika air terjebak pada tuba eustachius di dalam telinga, pergerakan mulut dapat membantu untuk membuka tuba eustachius. Kunyahlah permen karet untuk mengurangi tekanan pada tuba eustachius sehingga air yang terjebak di dalamnya akan lebih mudah keluar.

 

Gunakan Teknik Valsalva

Teknik valsalva dapat dilakukan dengan menutup lubang hidung, bernafas melalui mulut dan keluarkan melalui lubang hidung yang ditutup tadi. Jika anda mendengar getaran di telinga Anda, artinya tuba eustachius telah terbuka dan air akan keluar. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati ketika melakukan teknik ini agar tidak merusak gendang telinga Anda.

 

Gunakan Uap Panas

Sama seperti hair dryer menggunakan uap panas dapat membantu mengeluarkan air yang terjebak di dalam telinga.

 

Ketika Semua Gagal Pergilah Ke Dokter

Jika Anda telah melakukan semua tips yang ada di atas dan masih belum berhasil, anda disarankan untuk konsultasi kepada dokter. [dwp/esd]