Probolinggo (beritajatim.com) – Hujan lebat dan angin kencang menyebabkan sebuah pohon yang berada tepat di depan kantor Kecamatan Pakuniran Kabupaten Probolinggo tumbang, dan menutup akses jalan dari dan menuju Kecamatan Paiton.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, tumbangnya pohon dengan tinggi sekitar 10 meter itu diakibatkan oleh hujan deras disertai angin kecang pada Selasa (18/1/2022) kemarin sekitar pukul 14.30 WIB.

Kasat Samapta Polres Probolinggo, AKP Ahmad Jayadi mengatakan, pihaknya bersama anggota telah mengevakuasi pohon tumbang tersebut. “Sudah kami bersihkan pada saat itu juga. Pohonnya tumbang akibat hujan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk memotong dan memintdahkan batang pohon yang melintang di tengah jalan itu.

Diketahui, dalam beberapa hari belakangan, cuaca ektrem sedang melanda beberapa daerah di Jawa Timur, salah satunya di Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan data dari dinas terkait, sedikitnya ada sekitar 79 rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung, dan satu orang lansia ditemukan meninggal dunia akibat terhanyut banjir. (tr/ted)