Magetan (beritajatim.com) – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Magetan mendapati pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 masih terjadi di alun – alun Magetan. Dalam giat monitoring dan pengawasan protokol kesehatan di wilayah setempat.

“Ditemukan 6 orang pelanggar protokol kesehatan yaitu tidak menggunakan masker, pelanggar yang ditemukan berusia rata-rata 15-25 tahun,” kata Kabid Gakda Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan, Fery Yoga usai sidak, Sabtu (27/2/2021).

Menurut Fery, pihaknya telah memberikan pembinaan dan teguran lisan terhadap para pelanggar protokol kesehatan. Dia mengingatkan protokol kesehatan harus diimplementasikan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Magetan.

“Jika tidak diterapkan dengan benar maka sangat berisiko untuk tertular Covid-19, bahkan virus itu bisa mengancam kesehatan keluarga dirumah,” papar Fery.

Lebih lanjut, Fery juga menegaskan beberapa hal aturan, utamanya waktu jam malam yang diterapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro yakni pukul 21.00 WIB.

“Pukul 21.00 WIB pedagang di sejumlah alun-alun telah mentaati jam malam, dan terpantau sejumlah pengunjung sebagian besar telah mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang biasanya tidak menggunakan masker atau tidak memakai masker. “Patuhi selalu protokol kesehatan, agar pandemi segera berakhir. Dan ekonomi pulih dan kembali normal,” tutupnya.(asg/kun)