Pamekasan (beritajatim.com) – Ratusan personil gabungan dari beragam instansi berbeda, diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Jawa Timur, yang digelar di Pamekasan.

Personil gabungan tersebut terdiri dari unsur TNI-Polri, Dinas Berhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), serta sejumlah instansi lainnya. Mereka diterjunkan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Coronavirus Disease 2019.

“Selain pengqmanan pelaksanaan MTQ, personil juga ditugaskan untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan selama pelaksanaan berlangsung,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto, melalui Kasubbag Humas AKP Nining Dyah, Selasa (8/11/2021).

Ratusan personil yang diterjunkan terdata sebanyak 170 orang, meliputi sebanyak 130 personil Polres Pamekasan, 10 personil Kodim 0826, 20 personil Satpol-PP, serta 10 personil Dishub Pamekasan. “Mereka disebar di 12 titik berbeda di venue MTQ,” ungkapnya.

Selain menempatkan personil di venue MTQ, sebagian di antaranya disebar di berbagai tempat penginapan para kafilah dari 38 kabupaten/kota se Jawa Timur. “Proses pengamanan dilakukan sejak masa kedatangan kafilah, secara umum pelaksanaan MTQ Jatim di Pamekasan berjalan aman dan kondusif,” jelasnya.

“Pelaksanaan MTQ ini juga menerapkan protokol ketat bagi semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Bahkan kalau tidak melakukan vaksinasi tidak diperbolehkan masuk arena MTQ, termasuk para sopir angkutan peserta lomba,” pungkasnya. [pin/suf]