Tuban (beritajatim. com) – Bayaran Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban melaksanakan pengundian nomor urut buat Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Tuban yang akan bertarung dalam pelaksaan Pilkada Tuban 9 Desember 2020, Kamis (24/9/2020).

Namun, sebelum dilakukan rapat pleno pengundian nomor urut, KPU Tuban terlebih dulu melaunching tahapan Pilkada yang sempat tertunda. Dalam pelaksanaan lounching itu, KPU Tuban menghadirkan bintang tamu, yakni pendangdut Jihan Audy.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Tuban menyatakan bahwa launching tingkatan Pilkada Serentak 2020 ini adalah bentuk kesiapan KPU Tuban pada melaksanakan seluruh tahapan pilkada. Disamping itu, bersamaan dengan acara ini, KPU Tuban juga melaunching Maskot dan Jingle KPU Tuban dan menetapkan tagline Pilbup Tuban Ayem Tentrem.

“Launcing tingkatan Pilkada ini merupakan bentuk kesiapan KPU Tuban untuk melaksanakan tahapan pilkada dari awal hingga akhir, ” ungkap Ketua KPU Tuban Fathul Iksan.

Setelah launching maskot dan jingle KPU Tuban selesai, para udangan dan juga paslon bupati-wakil bupati Tuban langsung dihibur pedangdut terkenal Jihan Audy. Artis yang lagi naik duan itu menayangkan 4 lagu.

“Hari ini kita launching tahapan Pilkada Serentak 2020 serta melaksanakan tingkatan penting yakni pengundian nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati. Awalnya, launching tahapan Pilkada tersebut rencanannya digelar Maret lalu. Berhubung adanya penghentian tahapan karena wabah Covid-19 sehingga baru hari tersebut dilaksanakan, ” jelas Ketua KPU Tuban saat memberikan sambutan.

SElanjutnya dilakukan rapat pleno terbuka untuk pengundian nomor urut bagi pasangan calon bupati-calon pemangku bupati Tuban 2020. Dalam tingkatan pengundian nomor urut itu, KPU Tuban menerapkan peraturan yang pertama yakni PKPU Nomor 13 tahun 2020.

Yakni, peserta yang boleh ikut dalam pelaksanaan rapat lengkap pengundian nomor urut itu hanya masing-masing Paslon, 1 orang awak penghubung dari masing-masing pasangan calon, Bawaslu serta komisioner KPU Tuban. Hasilnya, Pasangan Calon Bupati-Calon Pengantara Bupati yang mendapatkan nomor runtut 1 adalah Khozanah Hidayati, SP., M. P – Muhammad Anwar.

Kemudian nomor runtut 2 adalah Aditya Halindra Faridzky, S. E – Riyadi, SH dan nomor urut 3 merupakan Setiajit, SH, MM – RM. Armaya Mangkunegara, SH., M. H. “Untuk nomor urut sudah kita laksanakan dan kita tetapkan sebati juknis. Sehingga ketiga pasangan calon tersebut sudah resmi mendapatkan bagian urut. Nah, itu yang menjadi dasar untuk mencetak surat pandangan, ” pungkasnya. [mut/suf]