Bojonegoro (beritajatim.com) – Lahan hutan jati yang ada di jalan raya Dander – Temayang turut Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro terbakar. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih dua hektare.

Warga Kecamayan Temayang, Samsul Alim yang mengetahui kejadian tersebut mengungkapkan kebakaran hutan saat diketahuinya sudah meluas dan terjadi di sekitar jalan raya. Kemudian langsung melaporkan ke Pos Bantu Temayang. Kejadian itu diketahui sekitar pukul 11.30 WIB, Senin (5/7/2021). “Saat melintas api sudah membakar daun jati kering dan semak. Kemudian langsung melaporkan ke petugas pemadam kebakaran,” ujarnya.

Petugas Pemadam Kebakaran yang mendapat laporan tiba di lokasi sekitar pukul 13.10 WIB dan api berhasil dipadamkan setelah 30 menit kemudian. “Kami mengerahkan 1 unit fire truck dari Pos Temayang beserta 3 personil,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Ahmad Gunawan.

Akibat kebakaran tersebut, asap sempat menggangu pengendara jalan yang sedang melintas. Diduga api sengaja dipantik oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Beruntung dalam kebakaran lahan hutan jati itu tidak ada korban jiwa. Pihaknya mengimbau, agar tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun sengaja membakar daun kering yang ada di lahan hutan. [lus/kun]