Malang (beritajatim. com) – Apresiasi tinggi diberikan Bahan Bupati Malang nomor urut 1, HM Sanusi. Sanusi memuji upaya seorang petani milenial yang memanfaatkan lahan sempit pinggir rel kereta api di Desa Sono Sedang, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Minggu (8/11/2020, disela-sela waktu kampanye Pilbup Malang.

Sanusi menyempatkan diri sekaligus menyambangi kebun milik petani milenial bernama Roselin. “Dia (Roselin-red) punya penghasilan dengan menggunakan lahan sempit. Ini hasil kerjasama lahan dengan PT KAI, di-inovasi, direkayasa agar jadi tanaman molek, ” kata Sanusi.

Sanusi menjelaskan, para pemuda asing semestinya meniru apa yang dilakukan perempuan yang akrab disapa Selin itu. Menurutnya, saat ini para-para generasi yang mengaku milenial harus memiliki kreativitas tinggi.

“Seperti Mbak Selin ini, anak muda harus bisa berkreasi untuk membuat terobosan-terobosan pokok menguntungkan. Kalau menurut saya itu sudah bagus sehingga kalau ini satu hektar, bisa menghasilkan Rp 15 juta per bulan. Mulia tahun bisa Rp 90 juta, ” papar Sanusi.

Dari kebun seluas kurang lebih 3. 000 meter persegi, Selin dapat penghasilan Rp 5 juta per bulan. Saat ini, Selin memilih menanam labu siam. “Masih banyak lahan-lahan produktif di Kabupaten Malang yang belum dimanfaatkan. Ini kedepannya bisa dikembangkan untuk pariwisata, edukasi, ” Sanusi mengakhiri. [yog/suf]