Gresik (beritajatim.com) – Guna menekan penyebaran Covid-19 yang masih tinggi di Kabupaten Gresik, Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Banjarsari Cerme disemprot disinfektan.

Kepala Rutan kelas II B Banjarsari Cerme Aris Sakuriadi didampingi Kasubsi Yantah Anis Handoyo menuturkan, penyemperotan disinfektan ini merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini mulai mengalami peningkatan.

“Ada dua orang warga binaan kami yang turut melakukan penyemprotan diawali dari Blok A hingga Blok D dan Blok Wanita. Penyemperotan dilakukan pada setiap sudut kamar hunian baik lemari, jeruji sel, gagang pintu dan tempat tidur,” tuturnya, Jumat (2/07/2021).

Ia menambahkan, penyemprotan disinfektan ini secara rutin dilakukan yang bertujuan untuk menacegah dan meminimalisir penyebaran civid-19 di Rutan Gresik. Pasalnya, pandemi penyakit ini kembali meningkat, jadi kita terus berupaya untuk mencegah virus ini agar tidak menyebar.

“Kami juga rutin melakukan pengecekan kesehatan kepada seluruh pegawai yang akan bertugas. Jika ada indikasi yang mengarah ke Covid-19, maka akan segera dilakukan rapid test tes antigen.

“Selain melakukan kegiatan diatas, juga ada pemberian masker massal kepada seluruh warga binaan, pemberian vitamin kepada petugas dan warga binaan, serta pengecekan kesehatan berkala yang dilakukan oleh petugas kesehatan Rutan Klas II B Banjarsari, Cerme,” tandasnya. [dny/but]