Surabaya (beritajatim. com) – Kamis (21/5/2020), Mahakaam Group membagikan baju hazmat kepada para-para petugas pemakaman atau yang erat disapa tukang gali kubur. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kesibukan #AmbilPeran yang mereka gaungkan.

Bersama komunitas #BergerakDariRumah, Opid Adisuryo selaku Mahakaam Group membaca tentang kegiatan mereka. “Pilihan tertuju kepada petugas pemakaman atau yang sering disebut tukang gali kubur ini tak lain karena mereka adalah garda depan. Dengan semakin pesat peningkatan penderita Covid-19 oleh sebab itu antisipasi melindungi diri dengan APD juga harus ditambah, ” ujar Opid Adisuryo selaku CEO Mahakaam Group.

Pembagian hazmat dilakukan di Taman Pemakan Ijmal Keputih. TPU ini adalah salah satu area pemakaman yang ditetapkan pemerintah Kota Surabaya menjadi tempat dimakamkannya jenazah yang terdeteksi Covid-19. “Sebagai informasi, pembagian hazmat ini pula dilakukan di Puskesmas. Titik fokus sasarannya adalah puskemas di kawasan pinggiran yang kerap kali selamat dari perhatian. Agar setiap elemen yang menjadi garda terdepan pula merasa aman ketika melakukan pengabdiannya, ” tambah Opid.

Di sisi asing, pemberian dari Mahakaam Group memperoleh apresiasi dari para tukang gali kubur. “Kami standby 24 tanda setiap hari, selalu saja tersedia yang dimakamkan. Sehingga hazmat tersebut benar-benar kami perlukan”, kata Pak Munajih petugas UPTD TPU Keputih.

Sebagai informasi, selain melakukan pembagian hazmat, dalam kaum kegiatan sebelumnya Mahakaam Group juga membagikan sembako kepada mereka yang terdampak pandemi Covid-19. [ifw/but]