Tuban (beritajatim.com) – Tim SAR gabungan dari jajaran Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, Basarnas, BPBD Tuban serta Polairud dan juga tim dari PT TPPI Tuban telah melakukan berbagai kesiapan untuk melakukan evakuasi dan penjemputan terhadap belasan nelayan yang kapalnya terbakar di tengah laut Jawa, Jumat (16/4/2021).

Belasan nelayan yang sempat terombang-ambing di laut setelah berusaha menyelamatkan diri karena kapalnya terbakar itu berhasil ditemukan oleh kapal MT Queen Majesty. Kapal yang menyelamatkan para nelayan korban kapal terbakar itu sedang melakukan perjalanan menuju pelabuhan TPPI Tuban.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, proses evakuasi dan juga penjemputan para nelayan yang ditemukan di laut itu dilakukan di pelabuhan PT Trans Pacific Petrocemichal Indotama (TPPI), Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Yang mana berdasarkan informasi awal terdapat 16 orang nelayan yang berhasil di selamat atas kejadian kebakaran kapal nelayan itu.

“Kita sudah rapat tadi dengan syahbandar, Basarnas, TPPI, BPBD, TNI dan juga Polairud untuk persiapan evakuasi 16 orang nelayan itu,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban setelah memimpin persiapan evakuasi para nelayan itu.

Untuk saat ini, belasan nelayan yang berhasil di selamatkan dengan oleh kapal MT Queen Majesty itu posisinya sudah bersandar di tempat darurat yang ada di area pelabuhan TPPI. Jaraknya sekitar 6 mil dari pelabuhan atau tepi pantai pelabuhan tersebut.

“Kita sepakat ini tadi kita siapkan dua tugboad meluncur ke kapal (MT Queen Majesty). Nanti tim karantina akan naik kapal dan memeriksa para nelayan itu, kemudian tim akan mengevakuasi dengan Tugboad untuk dibawa ke darat,” tambahnya.

Kapolres Tuban saat melakukan rapat koordinasi evakuasi nelayan yang kapalnya terbakar.

Hingga saat ini sebanyak dua Tugboad yang telah disiapkan oleh tim gabungan itu sudah berjalan menuju kapal MT Queen Majesty. Diperkirakan untuk perjalanan evakuasi dari kapal yang membawa belasan nelayan hingga sampai darat dibutuhnya waktu sekitar 2 jam lebih.

Sementara itu, berdasarkan informasi awal bahwa sebuah Kapal Motor (KM) milik nelayan terbakar di tengah laut Jawa pada Kamis (15/4/2021) kemarin. Akibat kejadian itu sebanyak 16 orang ABK berhasil diselamatkan oleh kapal MT Queen Majesty yang merupakan kapal pengangkut minyak.[mut/kun]